Kamis, 02 Februari 2012

Tentang Puisi

Saya memang suka menulis puisi. Saya lebih suka mengekspresikan apa yang saya rasakan dengan puisi terlebih kalau lagi sedih. Di sisi lain, saya susah sekali bercerita tentang diri saya. Bahkan saya paling ga bisa yang namanya nulis diari, cerita tentang kegiatan sehari-hari, menggambarkan tentang apa yang saya rasakan dengan kata-kata yang rinci. Mungkin memang dasarnya saya orang yang tertutup jadi rasanya susah banget mau berbagi tentang diri saya, apa yang saya rasakan, bahkan di buku yang cuma saya aja yang bisa baca. Saya biasanya hanya menuliskan permukaannya saja. Beberapa tahun ini saya mencoba memaksakan diri menulis curhatan-curhatan saya di buku agenda, hasilnya untuk 1-2 bulan pertama isinya penuh bulan-bulan berikutnya agenda saya bersiiiiihhh sampe akhir tahun. hahahaha....

Saya suka nulis puisi itu sejak.......................................... sejak saya mengenal cinta #halah. hahaha... Tapi itu bener sih, dari awal-awal SMP saya suka nulis puisi. Tema puisi saya dulu itu kebanyakan cinta-cintaan khas anak ababil. Tapi jangan suruh saya post puisi ababil saya ya, selain karena malu saya juga udah ga tau dimana saya taro tulisan saya karena dulu saya tulis puisi asal-asalan banget (sampe sekarang juga sih). Kadang di buku cetak pelajaran, kadang di buku coret-coretan matematika, malah kadang seketemunya kertas yang bisa ditulis klo lagi dapet inspirasi ya tulis aja disitu. Jadi entah kemana semua puisi-puisi saya.

Tapi jujur, saya juga bukan orang yang rajin nulis puisi. Saya moody banget untuk segala hal #upssss... termasuk nulis puisi. Saya nulis puisi kalo lagi pingin aja dan kalau lagi ada inspirasi. Nah... biasanya keinginan dan inspirasi nulis puisi itu lebih sering muncul waktu saya lagi sedih. Kenapa begitu? saya juga ga tau sih. Rasanya enak aja gitu meluapkan perasaan yang lagi sedih, marah dengan nulis puisi. Tapi emang kebiasaan saya kalau lagi sedih atau bad mood saya selalu duduk sendirian atau kalau lagi rame-rame sama temen biasanya tiba-tiba bisa diem sendiri ga ngomong apa-apa sambil berfikir tentang masalah saya. Nah, biasanya saat itulah kata-kata nan puitis keluar dari kepala saya :) Jadi kenapa saya jarang nulis puisi "bahagia"? Karena kalau lagi seneng saya lebih suka menikmati kebahagiaan itu dari pada ribet-ribet mengungkapkannya lewat puisi, dan ga mungkin juga kan kalau lagi seneng saya tiba-tiba menyendiri, diam seribu bahasa, menghindar dari khalayak ramai sambil nulis puisi :D Atau memang saya juga 'kurang pinter' sih merangkai kata-kata bahagia. Kalau pun saya coba untuk tulis puisi saya merasa hasilnya kurang memuaskan, saya ga suka jadi saya buang aja :p

Bukan berarti puisi-puisi saya tentang 'kesedihan' itu bagus ya. Saya ga pernah meminta orang lain untuk menilai puisi saya bagus atau enggak karena puisi saya semuanya bersifat pribadi banget. Jadi saya juga ga tau sebenernya puisi yang saya buat bagus atau enggak. Saya cuma merasa puisi yang saya buat punya arti yang mendalam banget untuk saya pribadi. Itu sebabnya saya suka puisi2 yang saya buat, walaupun ga jarang juga saya buang puisi-puisi saya (karena beberapa alasan selain karena kurang memuaskan tadi). Kok kayaknya banyak banget puisi yang dibuang? Memang!! hahaha... Saya hanya menganggap menulis puisi sebagai media katarsis, jadi yang penting hati saya lega dan saya cuma menyimpan beberapa puisi yang menurut saya bagus. Saya juga ga mau kalau disuruh menulis ulang puisi yang saya buang (kalaupun saya masih inget) karena saya ga mau merasakah 'kesedihan' itu lagi. Yang berlalu biarlah berlalu :))

Oiya, untuk puisi-puisi yang saya publish, kenapa saya mau publish kalau itu sifatnya pribadi? Karena itu semua puisi-puisi lama saya dan masalah yang menyebabkan saya menulis itu sudah selesai atau sudah terlupakan (yah... walaupun berbekas sedikit. hahaha...) jadi saya ga peduli kalau orang lain tau, toh itu bukan saya yang sekarang lagian hampir semua maknanya tersirat:P

*note: buat anak psikologi, plisss jangan dianalisis masa lalu gue gimana!!! hahahaha.....

1 komentar:

  1. Mariaaa... hahahaha
    The poetic Maria~~
    Nanti gw baca-baca ah puisinya. Trus terang gw ga gitu ngerti soal puisi :D
    Kalo soal analisis, kayaknya sih udah jadi refleks mar Ahahaha *kidding*

    BalasHapus