Minggu, 05 Februari 2012

Music in my life

I really love music!
Papa saya dulu guru private organ, pernah juga ngajar organ di gereja dan di sekolah. So, papa saya yang pertama kali ajarin saya main organ. Oiya sebelemunya saya pernah bilang kalau saya ini moody dalam segala hal, termasuk juga waktu belajar main organ. Dulu, saya sama kakak saya bisa sampe rebut-rebutan mau main organ, kalo lagi niat. Tapi kalo lagi ga niat bisa berbulan-bulan organ di rumah ga ada yang sentuh :P

Sebenernya dari waktu kecil saya lebih suka nyanyi. Di gereja juga saya ikut paduan suara anak. Tapi saya ga pernah les vokal atau sejenisnya, bahkan saya baru tahu teknik vocal yang bener itu gimana setelah masuk PSUT (Paduan Suara Universitas Tarumanagara). Thank you PSUT!!!! muaaahhhh :-*


Masuk SMP, entah kerasukan malaikat apa tiba-tiba saya pingin serius belajar piano. Akhirnya saya les di Pondok Daud Music di Bandar Lampung, bukan les piano sih tapi keyboard karena disitu adanya keyboard, yah, sama saja lah beda-beda tipis. Sebenernya agak menyesal sih sekarang kenapa dulu ga les piano klasik aja. Sampe sekarang saya kesulitan baca not balok, kalau disodorin partitur dan langsung disuruh main saya cuma bisa bengong menatapi barisan toge-toge bertongkat itu sambil ngitungin itu nada apaan (memalukan!!! hahaha..). Mungkin karena di tempat saya les musik yang diajarin lebih ke musik pop dan jazz, jadi saya lebih banyak diajarin improvisasi-improvisasi musik jazz.

Sebenernya itu hanya alibi sih :P kenapa saya susah baca not balok ya karena saya kadang males latihan dan kalau lagi les saya suka "curang". Kalo lagi belajar lagu baru yang mengharuskan baca partitur biasanya pertama-tama guru saya dan saya coba mainin bareng-bareng. Nah!!! bukannya baca partitur saya malah ngikutin gerak jari guru saya trus saya apalin deh. (maap ya kak! hehehe...) Sialnya klo setelah itu lupa lagunya gimana saya harus ngendep dikamar berjam-jam buat buat pelajarin toge-toge itu :(( Selama belajar keyboard beraliran jazz itu saya jadi sering denger musik-musik jazz dari David Foster, David Benoit, dll...


Setelah belajar keyboard saya pun ikut pelayanan organis gereja (GBIP Marturia) dari SMP sampe sesaat sebelum kuliah. Untuk persiapan jadi organis itu saya diajarin lagi main organ sama bunda-bunda (panggilan buat kakak layan di gereja saya) di gereja. Tadinya mereka itu murid-muridnya papa saya :D. Oiya selain itu saya juga pernah dilatih sama Pdt. Cindy (yang berbaik hati dengan sukarela ngajarin saya) dan dikasih beberapa pengetahuan tentang musik liturgi gereja. Terima kasih ya kak Cindy :D

Di SMP juga saya ikut drum band di sekolah saya (SMP Fransiskus Bandar Lampung).  Waktu kecil saya suka banget liat (dan pingin bisa ikut) penampilan drumband waktu lagi ada pawai tapi di sekolah SD saya (SD Immanuel) ga ada ekskul drumband. Jadi sebenernya pingin ikut drum band lah yang buat saya masuk SMP Fransiskus, selain karena sekolah itu juga sekolah favorit.

Alat ini yang dulu saya mainin di drumband, nama alatnya BELIRA

Masuk SMA, saya masih les dan masih aktif pelayanan. Sekitar awal-awal kelas XI sekolah saya buka ekskul baru yaitu ENSEMBLE!! yeyyy...!!! Saya seneng banget dan daftarlah saya sebagai pianis. Karena di ekskul itu fokusnya belajar alat musik gesek jadi di awal-awal ekskul dimulai saya kebanyakan nontonin temen-temen saya yang belajar biola dari nol. Sempet sih dulu kepikiran pingin belajar biola juga, cuma karena ga terlalu niat ga jadi deh. hehehe... :P Sama ensemble sekolah ini saya sering tampil diberbagai acara walaupun masih lingkup sekolah dan gereja katolik. Tapi lumayan lah buat pengalaman.  Sekarang sepertinya ensemble sekolah sudah mulai berkembang, bahkan akhirnya sudah punya nama & logo dan sudah sering adain konser. Sukses terus ya Fransiskus String Ensamble :D

Foto suasana latihan FSE angkatan pertama. Hanya secuil jari gue yang kena foto :((

Nah, atas kebaikan pelatih ensemble yaitu Pak Iwan, saya dan beberapa teman diajak ikut dalam konsernya Lampung Youth Orchestra di Taman Budaya Lampung tahun 2008. Itu pengalaman pertama saya bergabung dalam konser yang  full orchestra, saking pingin ikut konser itu saya sempet-sempetin buat latihan ditengah-tengah persiapan UAN yang sangat menegangkan (konsernya berlangsung 1 minggu sebelum UAS). Sayangnya, itu konser terakhir saya sebagai pianis :((((((

Karena saya memutuskan untuk kuliah di Untar, Jakarta, saya mau ga mau meninggalkan semua kegiatan saya di Bandar Lampung. Sempet sedih banget di minggu pertama di Jakarta karena tiba-tiba banyak banget yang nawarin buat main piano diberbagai tempat dan acara dan terpaksa ditolak karena memang ga bisa, saya udah ga di Lampung lagi :((((

Keyboard di rumah yang sekarang nganggur. Sometime I really miss it

Tapi sedihnya ga lama-lama karena abis itu saya daftar di paduan suara di untar (PSUT). Disini saya banyak banget pengalaman baru.
  • Mulai dari belajar teknik vokal yang bener gimana; 
  • belajar organisasi, jadi kapel (fiiiuuuhhhh..); 
  • jadi Pelitur (sie. Pelatihan dan Partitur) yang penuh suka duka hehehe...; 
  • ikut berbagai acara dari yang kecil sampe konser-konser tahunan PSUT; 
  • Ikut les vokal sama Satriya Krisna, terus vorsingen; 
  • terus pernah juga ikut master class dan choral workshop sama Ghislaine Morgan
  • belajar conducting sama Astri (walau gak gitu tertarik dan agak terpaksa karena wajib untuk pelitur :p );  
  • Tour jawa-bali; 
  • dan yang paling berkesan ikut lomba/kompetisi paduan suara (dan menang) mulai dari lomba di cl, atma, cirebon, dikti, IICC Bandung, sampe kompetisi internasional di Thailand.
  • (Pernah juga GAGAL berangkat kompetisi di luar, hahaha... *tertawa miris* ). 
Pokoknya banyak banget dapet pengalaman menyenangkan selama saya ikut paduan suara ini.

Foto setelah vorsingen

Foto setelah master class dengan Ghislaine Morgan

Grand Prix pattaya 2011 category Folklore. Gue yang pake baju warna pink dibarisan paling depan

Sampe sekarang pun saya masih aktif latihan PSUT.  Kalau lagi libur rasanya pingin cepet-cepet bisa latihan lagi, tp ga mau cepet-cepet masuk kuliah. hahaha... Bahkan saya sekarang lebih enjoy untuk nyanyi (walaupun suara pas-pasan) dari pada main piano. Oiya, saya udah ga pernah tampil main piano lagi, latian juga cuma pas lagi pulang ke lampung aja karena di kos ga ada keyboard :(. Kadang kangen banget pingin bisa tampil main piano lagi, tapi sepertinya saya lebih milih nyanyi dari pada main piano sekarang :D

Kalau udah lulus kuliah (beberapa bulan lagi *amin) pinginnya sih masih bisa aktif nyanyi cuma ga tau deh nantinya gimana. Paling ga masih bisa nyanyi buat diri sendiri. hahaha....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar